welcome to in My blog

"Selamat datang di blog MUCHSINIL HAQ, Semoga blog ini dapat memberikan andapengetahuan baru"

Sabtu, 14 Januari 2012

Pengalaman dual booting windows 7 dan linux mint


Setelah Menginstall Windows 7 Full ke Hardisk ada keinginan kuat bagi saya untuk memakai linux mint juga dalam laptop yang sama, namun sempat muncul keraguan disebabkan menurut teman jika menginstall windows dan linux pada laptop yang sama akan menyebabkan sistemnya akan saling merusak. Namun setelah konsultasi dengan kenalan di linux group indonesia saya putuskan untuk melanjutkan niat saya (dual booting). kenalan tersebut meyakinkan saya bahwa tidak masalah jika ingin menginstal windows dan linux pada satu laptop yang sama.laptop sy (intel pentium dual core/memory 1gb).dan mulailah saya mengintsall linux (karena sebelumnya sudah terisntall windows 7).sebelumnya saya menyediakan ruang dihardisk untuk linux. setelah proses instal linux selesai. kemudian laptop sy restart. namun ada sedikit masalah, boot windows 7 hilang. mulailah sy mencari solusinya diInternet.bagi teman-teman yang mengalami masalah yang sama,silahkan dicoba solusi ini: 

Mengembalikan boot Windows 7
1. Ubah booting primary menjadi CD/DVD
2. Masukkan DVD Windows 7
3. Akan ada pilihan repair, pilih!
4. Ketik –> bootrec.exe/fixmbr
5. Setelah success ketik lagi –> bootrec.exe/fixboot
Masalah baru lagi, setelah berhasil mengembalikan boot windows, maka otomatis GRUB hilang lagi, cara mengatasinya adalah sebagai berikut,
Mengembalikan GRUB Linux
1. Ubah booting primary menjadi CD/DVD
2. Masukkan DVD Linux
3. Pilih Try Ubuntu (jika anda pakaix ubuntu)
4. Masuk ke terminal
5. Ketik sudo mkdir /media/sda10 (sda10 disini adalah partisi linux saya)
6. Ketik sudo mkdir /media/sda10
7. Ketik sudo grub-install –root-directory=/media/sda10 /dev/sda
8. Ketik sudo reboot
akhir cerita dual booting yang sy lakukan berhasil dengan sedikit tambahan pengalaman :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar